Clean Development Mechanism ( CDM ) – Climate Change, peluang insentive CDM bagi industri Indonesia

in Environmental Safety

Pelaku industri di Indonesia semakin di buka peluang untuk ikut berpartisipasi di dalam issue global warming melalui program CDM (Clean Development Mechanism). Berawal dari kesepakatan Kyoto Protocol bahwa sebanyak 55 negara maju di dunia sepakat untuk menurunkan GHG (Green House Gas) atau gas rumah kaca sebesar 5% dari tahun 1990 dahulu. Salah satu cara yang di pergunakan adalah melalui program CDM di negara berkembang termasuk di Indonesia.

Banyak industri di Indonesia yang mempunyai peluang besar untuk menjalankan program CDM ini misalnya dengan mengganti bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, memasang anaerobic system di dalam pengolahan limbah, program energy saving dll.. Dari project tersebut PBB akan memberikan insentive dari CER (Certified Emission Reduction) kepada pelaku industri yang di hargai setara dengan sejumlah berat CO2 yang bisa di turunkan. 1 CER = 1 ton CO2 yang sekarang ini berharga sekitar 5 – 50 USD.

Kondisi saat ini masih banyak pelaku industri yang sebetulnya sudah dan sedang melakukan aktifitas tersebut, tetapi karena tidak memahami prosedur claim CDM, maka kesempatan untuk mendapatkan jutaan dolar bisa terbuang percuma.

Training di kemas dengan menarik dengan menghadirkan nara sumber yang sudah berpengalaman mempersiapkan PIN (project idea note) dan mempunyai relasi yang luas terhadap international CDM consultant.

 

Objective

  • Pengenalan tentang CDM (Clean Development Mechanism)
  • Peserta bisa mengidentifiaksi peluang CDM di masing-masing industri
  • Cara mendapatkan insentive dari progam CDM
  • Feasibility study sebuah project CDM

 

Outline

  • Prinsip dasar Kyoto Protocol dan Global Warming
  • Prinsip dasar CDM (Clean Development Mechanism)
  • Evaluasi project industri untuk mendapatkan peluang insentive CDM
  • Prosedural untuk program CDM
  • Membuat PIN (Project Idea Note) langkah awal program CDM
  • PIN untuk fuel switching
  • PIN untuk anaerobic system WWT
  • Contoh PDD (project design document)
  • Beberapa konsultan CDM

 

 

Workload Leader

Adrianus Tanari, ST

Adalah praktisi lingkungan, SMK3 dan Social Responsibility. Bekerja sebagai perencana dan perancang penerapan AMDAL, SMK3, ISO 14001:2004 dan CSR-ISO 26000 diberbagai jenis operasional industri. Saat ini sebagai Environment Manager di sebuah perusahaan pulp dan kertas terbesar di Asia yang menangani lebih dari 8 perusahaan di Indonesia. Memperoleh gelar Sarjana Teknik dibidang Teknik Kimia dari ITS Surabaya, beliau mempunyai pengalaman yang spesifik di bidang pengelolaan lingkungan. Saat ini beliau sudah membuat sebuah buku generik tentang Pengelolaan Lingkungan dan Audit System Manajemen Lingkungan, ISO 14001:2004. Dari pengalaman yang luas di dalam bidang lingkungan dan Audit Lingkungan, saat ini beliau sedang menggali dan membuat Project Document Design (PDD) bagi program CDM (Clean Development Mechanism) di bawah Kyoto Protocol yang sangat memungkinkan pelaku industri mendapatkan incentive uang dari badan PBB, UNFCCC. Pengalaman yang luas dan spesifik di bidang lingkungan di gabungkan dengan program CSR dan CDM menjadikan pelatihan ini semakin menarik untuk di ikuti.

Ir. Dwi Handoyo, MK3

Adalah praktisi industri petrokimia lebih dari 15 tahun. Menangani bidang Waste Water Treatment (WWT) lebih dari 12 tahun mulai dari physical treatment, chemical treatment, biological treatment (anaerobic + aerobic), solid waste treatment dan lainnya. Saat ini sebagai WWT Development Manager di sebuah perusahaan besar di Indonesia yang menangani lebih dari 8 perusahaan di Indonesia. Sebagai seorang Chemical Engineer beliau mempunyai pengalaman yang baik di bidang proses industri kimia. Alumni Magister K3-LH dari Universitas Indonesia ini juga masih sempat mengajar di Fakultas Teknik, Universitas Tirtayasa di dalam bidang Waste Water Treatment (WWT) dan Pengetahuan Lingkungan. Saat ini beliau juga mengelola forum diskusi mailing list WWT IPAL di Indonesia dan sebagai Senior Member di dalam forum diskusi WWT tingkat Internasional yang beranggotakan lebih dari 6000 members di seluruh dunia. Dari pengalaman yang luas di dalam bidang Anaerobic Waste Treatment, saat ini beliau sedang mendevelop WWT untuk program CDM (Clean Development Mechanism) dari Kyoto Protocol yang sangat memungkinkan pelaku industri mendapatkan incentive uang dari PBB. Pengalaman yang luas di gabungkan dengan program CDM menjadikan pelatihan ini semakin menarik untuk di ikuti.

Silakan mengisi formulir di bawah ini untuk meminta penawaran In House Training di perusahaan Anda. Untuk mengetahui jadwal / meminta proposal penawaran / registrasi Public Training, silakan klik logo berikut ini

Jadwal Training Public

Formulir Permintaan Proposal In-House Training
  1. (required)
  2. (valid email required)
  3. Keterangan Perusahaan
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. Penanggung Jawab Training di Perusahaan
  8. (required)
  9. (required)
  10. (valid email required)
  11. (valid email required)
  12. (required)
  13. (required)
  14. (required)
  15. Kebutuhan Ringkas Tentang In House Training:
  16. (required)
  17. (required)
  18. (required)
  19. (required)
  20. (required)
  21. (required)
  22. (required)
  23. Apakah Anda ingin proposal pembanding untuk topik ini?
  24. Kami berhak mengabaikan permintaan proposal In-house Training bila data yang dikirimkan tidak lengkap / akurat.
  25. Pencantuman No. handphone sangat mempermudah kami menghubungi Anda.
  26. Pemakaian alamat email gratisan tidak kami sarankan
  27. Bila Anda kesulitan mengirim data Anda melalui formulir ini, silakan menghubungi kami di: 081382666322 atau 021-80280282 atau 021-8-555-222-0
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Comment

Copyright by Kreasi Training 2009
online counter
TopOfBlogs